tugas softskill(gangguan kejiwaan)

Konsultasi Kejiwaan

Pengertian Konsultasi adalah suatu bentuk hubungan tolong menolong yang dilakukan oleh seorang profesional (konsultan) kepada konsultee (keluarga atau individu) dalam hubungannya menyelesaikan masalah.

 

Proses Konsultasi itu sendiri meliputi :

1. Provision

Adalah konsultan memberikan pelayanan langsung kepada konsultee yang tidak memiliki waktu ataupun keterampilan dalam menyelesaikan masalahnya. Disini konsultaan memberikan solusi dan konsultee bebas menentukan cara menyelesaikan masalahnya.

2. Prescription

Adalah konsultan memberikan nasehat dan tidak ikut turut dalam membantu proses penyelesaian masalah yang sedang dihadapi oleh konsultee.

3. Mediation

Adalah konsultan berperan sebagai mediator dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh konsultee.

4. Collaboration

Adalah konsultan bersama dengan konsultee menyelesaikan masalah yang dihadapi. 

engertian (Definisi) Gangguan Jiwa

  • Pengertian kejiwaan

Gangguan jiwa adalah suatu ketidakberesan kesehatan dengan manifestasi-manifestasi psikologis atau perilaku terkait dengan penderitaan yang nyata dan kinerja yang buruk, dan disebabkan oleh gangguan biologis, sosial, psikologis, genetik, fisis, atau kimiawi. Gangguan jiwa mewakili suatu keadaan tidak beres yang berhakikatkan penyimpangan dari suatu konsep normatif. Setiap jenis ketidakberesan kesehatan itu memiliki tanda-tanda dan gejala-gejala yang khas.

Setiap gangguan jiwa dinamai dengan istilah yang tercantum dalam PPDGJ-IV (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa di Indonesia edisi IV) atau DSM-IV-TR (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, 4th edition with text revision).  Kendati demikian, terdapat pula beberapa istilah yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan gangguan jiwa :

1. Gangguan jiwa psikotik              :  Ditandai hilangnya kemampuan menilai realitas,  ditandai waham (delusi) dan halusinasi, misalnya schizophrenia.

2. Gangguan jiwa neurotik                :   Tanpa ditandai kehilangan kemampuan menilai    realitas,terutama   dilandasi konflik intrapsikis atau peristiwa kehidupan yang menyebabkan kecemasan(ansietas), dengan gejala-gejala obsesi, fobia, dan kompulsif

3. Gangguan jiwa fungsional               :  Tanpa  kerusakan  struktural atau kondisi biologis yang     diketahui dengan jelas sebagai penyebab kinerja yang buruk.

4. Gangguan jiwa organik                :  Ketidakberesan kesehatan disebabkan oleh suatu penyebab spesifik yang membuahkan perubahan struktural di otak, biasanya terkait dengan kinerja kognitif, delirium, atau demensia, misalnya pada penyakit Pick. Istilah ini tidak digunakan dalam DSM-IV-TR karena ia merangkum pengetian bahwa beberapa gangguan jiwa tidak mengandung komponen biologis

5. Gangguan jiwa primer                      :  Tanpa  penyebab  yang diketahui disebut pula idiopatik atau fungsional

6. Gangguan jiwa sekunder                 : diketahui sebagai sutu manifestasi simtomatik dari suatu gangguan sistemik, medis atau serebral, misalnya delirium yang disebabkan oleh penyakit infeksi otak.

 

DAFTAR PUSTAKA

http://www.indoeducation.com/2012/10/pengertian-konsultasi-dan-proses.html

http://psikologi.or.id/psikologi-umum-pengantar/pengertian-definisi-gangguan-jiwa.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: